Mengeluh

August 11, 2017


Adakah diantara teman-teman yang punya kenalan kerjaannya ngeluuuuuh terus. Ngeluh pangkat tiga, kerjaannya ngeluh. Kalo nggak ada yang bisa dikeluhkan, dia mulai mencari-cari celah untuk bisa mengeluh. Atau, itu kamu sendiri, si tukang ngeluh?
Hayoo, ngakuu :D
Saya juga masih suka ngeluh, sejujurnya. Cuaca panas banget lah, hujan lebat banget lah, anginnya kenceng banget lah, mungkin yang denger mikir: maunya apa sih nih anak -_- Dan pada akhirnya saya diem dan muak denger keluhan saya sendiri.
Menurut saya, ngeluh itu penyakit. Soalnya, kalau udah terbiasa ngeluh, akan terbentuk habit kita untuk terus mengeluh. Nggak peduli senyaman apa suatu tempat, atau sesejuk apa udara diluar, kalau udah kebiasaannya ngeluh, pasti ada aja yang dikeluhkan. Dan jeleknya lagi, kebiasaan ngeluh itu secara nggak disadari bisa melukai hati oranglain. Contohnya, lagi ditraktir bakso sama temen sebagai syukuran gaji pertamanya dia, dan warung bakso ini emang langganan si temen nih, dan dia selalu ngebanggain bakso favoritnya tersebut. Pas pesanan dateng, si tukang ngeluh ini alisnya keangkat sebelah trus komen "baksonya kecil-kecil banget" "iiih, banyak sayurnyaaa.." kalo temen kita sabar dan tau betul sifat kita ya alhamdulillah, eh taunya itu temen orangnya sensitif banget dan komentar kita si tukang ngeluh itu dicamkannya dihati. Kan bisa repot ya. Bisa-bisa dia nggak mau nraktir kita lagi karena mulut kita yang nyinyir ini. Dan parahnya lagi, pertemanan bisa terusik kedamaiannya karena kebiasaan ngeluh kita.
Mengeluh juga nggak menyelesaikan masalah. Ngeluh skripsi nggak selesai-selesai, karena sibuk mengeluh, bukan sibuk bikin revisi (aduh, itu saya banget). Yang harusnya kita perbaiki, malah sibuk dikeluhkan. Ya nggak selesai-selesai toh mbak.
Dan satu lagi, kebanyakan ngeluh dan tidak mensyukuri nikmat adalah salah satu pertanda kita kufur akan nikmat-Nya, jika sudah syukur itu yang kurang, sebanyak apapun nikmat dan rezeki kita, pasti tidak akan cukup, dan keluhan terus-terusan mengalir.
Yuk, kita syukuri setiap hal-hal kecil dihidup kita. Jangan mudah menganggap remeh dan mencari-cari keburukan tiap hal kecil. Percayalah... ketika hal-hal kecil yang kita keluhkan 'ditarik' dari kita, mungkin kita akan merasa kehilangan dan baru sadar kalau kita butuh hal itu :)
The thing you take for granted, someone else is praying for

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts