Perlukah? (Part 1)

February 21, 2017

(Image source: Google)
Saya nggak tau kenapa, tapi rasanya people nowadays tends to showing-off their spouse (atau dalam kasus ini bukan cuma pasangan yang legal secara hukum/agama, tetapi juga pasangan dalam artian 'pacar') di media sosial. Ya, kalau satu atau dua foto dengan frekuensi yang jarang sih gapapa masih bisa dimaklumi, mungkin jarang-jarang bisa ketemu (?) tapi menurut pengamatan saya yang awam ini, beberapa kenalan yang saya follow hampir tiap ngepost selalu sama pasangannya. Dan pernah suatu kali saya mikir (soalnya saya baru kenal dia) "nih orang udah nikah ya?" karena postingannya itu tiap saat bareng ama si pasangan. 
Saya bukannya mau ngurusin hidup orang lain atau gimana, toh hidup saya juga gitu-gitu aja, nggak sempurna. Cuma rasanya gatel aja liatin yang begituu... Maksudnya, perlu gitu ya, showing off kemesraan dengan pasangan di medsos? Apa sih untungnya buat yang ngeliat? Atau buat yang ngepos? Biar ngasih motivasi nikah dosis tinggi? (bisa jadi, ini bagi yang udah nikah dan rasanya kebanyakan begini) ataau... mau nunjukkin ke dunia "ini gue ama pacar gue, cocok kan? langgeng kan? mirip kan?" sekali-sekali boleh lah ngepost foto berdua, tapi kalau keseringan, kasihan yang liatnya. Serius. 
lah kalo gitu tinggal unfollow aja. Gitu aja kok repot!
Iya, iyaa.. Kalau saya sebagai pihak yang cuma menikmati feedsnya sih gampang yaa. Cuma disini saya pengen nanya
Perlukah?
Iya, se urgent apa sih hal itu? Ada manfaatkah? Saya sempet nanya ke salah seorang teman yang emang suka upload foto tipe begitu. Katanya sih seneng aja liatnya. Kan jadi kenangan gitu. Album foto online. Boleh jadi iya. Tapi, kalau statusnya pacaran? Lain halnya kan? Sering saya dapati gallery temen saya yang dulu penuh foto berdua, dan sekarang udah hilang semua. Kemanakah foto-foto itu? Usut punya usut, beliau berdua udah nggak sama-sama lagi alias putus. Dan rasanya kalau begitu kasusnya nggak perlu orang dengan nalar yang baik deh buat nganalisisnya.
Nah, salah satu dampaknya kan itu. We need privacy, aren't we? Nggak semua hal kita pengen kasih tau ke publik, cukup orang terdekat atau significant others kita yang tau hal begituan. Nggak pengen kan semua orang mulai dari temen SD,SMP,SMA, dan tetangga yang follow kita pada tau hubungan kita kandas?  Sama halnya kayang kamu nggak pengen oranglain tau habit kamu yang nggak banget. Ujung-ujungnya nggak enak kan, pasti ada aja yang gosipin kalo udah begini.
Atau, kalau kemesraan sama pasangan diumbar terus, bukannya udah nggak istimewa lagi rasanya, ya? Kalau sesekali nggak papa lah, namanya juga manusia. Wajar. Tapi kalau tiap saat? Have you ever consider your follower's feelings or thoughts? Mungkin mereka eneg juga. Atau bosen. Sebagian mungkin nggak masalah.
Sebenernya masih banyak yang mau saya tulis, ada juga buku dan artikel yang mau saya share. InsyaAllah saya sambung lagi.
Semoga bermanfaat:)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts